Ukuran Baju Anak Berdasarkan Umur dan Cara Mengukurnya

Ukuran Baju Anak Berdasarkan Umur dan Cara Mengukurnya
Ukuran Baju Anak Berdasarkan Umur dan Cara Mengukurnya

Ukuran Baju Anak Berdasarkan Umur dan Cara Mengukurnya

Ukuran Baju Anak Berdasarkan Umur dan Cara Mengukurnya, Baju anak adalah pakaian yang dikenakan oleh anak-anak. Baju anak bisa terbuat dari berbagai jenis bahan, seperti katun, sutra, atau bahan sintetis lainnya ya Ges. Pakaian anak juga tersedia dalam berbagai model dan ukuran, seperti baju kaos, kemeja, atau gaun, dan bisa dijual di berbagai toko pakaian atau dijual secara online.

Baju anak harus dipilih atau dibuat dengan benar agar sesuai dengan ukuran tubuh anak, nyaman digunakan, dan sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan anak. Jadi Kalian, sebaiknya memperhatikan beberapa faktor seperti jenis kain, model baju, ukuran, kualitas, dan harga sebelum memilih atau membeli baju buat anak ya Gaesss.

Ukuran baju anak merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan saat membeli atau memilih baju untuk anak-anak. Baju yang terlalu kecil akan terasa sesak dan tidak nyaman digunakan, sedangkan baju yang terlalu besar bisa terlihat kurang rapi dan tidak sesuai dengan ukuran tubuh anak.

Yang perlu untuk Kalian ketahui standar ukuran baju anak di Indonesia biasanya diukur menggunakan sistem ukuran berdasarkan panjang dan lebar dada.

Baca Juga : Toko Baju Muslim Terdekat dan Termurah

Berikut ini adalah beberapa contoh standar ukuran baju anak berdasarkan umur

  1. Umur 0-3 bulan: Lebar dada 21 cm, panjang 31 cm
  2. Umur 3-6 bulan: Lebar dada 22 cm, panjang 33 cm
  3. Umur 6-9 bulan: Lebar dada 23 cm, panjang 35 cm
  4. Umur 9-12 bulan: Lebar dada 24 cm, panjang 37 cm
  5. Umur 1 tahun: Lebar dada 25 cm, panjang 39 cm
  6. Umur 2 tahun: Lebar dada 26 cm, panjang 41 cm
  7. Umur 3 tahun: Lebar dada 27 cm, panjang 43 cm
  8. Umur 4 tahun: Lebar dada 28 cm, panjang 45 cm
  9. Umur 5 tahun: Lebar dada 29 cm, panjang 47 cm
  10. Umur 6 tahun: Lebar dada 30 cm, panjang 49 cm

Sedangkan standar ukuran kaos anak biasanya diukur dengan menggunakan sistem ukuran berdasarkan panjang dan lebar dada.

Berikut ini adalah beberapa contoh standar ukuran kaos anak di Indonesia:

  • Ukuran 2T (2 Tahun): Lebar dada 25 cm, panjang 37 cm
  • Ukuran 3T (3 Tahun): Lebar dada 26 cm, panjang 39 cm
  • Ukuran 4T (4 Tahun): Lebar dada 27 cm, panjang 41 cm
  • Ukuran 5T (5 Tahun): Lebar dada 28 cm, panjang 43 cm
  • Ukuran 6T (6 Tahun): Lebar dada 29 cm, panjang 45 cm

Perlu diingat ya Gaesss bahwa standar ukuran ini hanya merupakan acuan dan bisa saja terdapat perbedaan ukuran antar merk atau produsen yang memproduksinya. Jadi, sebaiknya Kalian selalu memeriksa ukuran baju dengan benar sebelum membeli atau Memilihnya.

Untuk mengukur ukuran baju anak dengan benar, Kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Siapkan alat ukur yang tepat, misalnya meteran atau pita ukur.
  2. Pastikan baju yang akan diukur terletak rata di atas permukaan yang datar.
  3. Ukur lebar dada baju dengan mengukur jarak antara kedua sisi baju pada bagian terlebar.
  4. Ukur panjang baju dengan mengukur jarak dari bagian atas baju (dekat leher) sampai bagian bawah baju.
  5. Catat hasil pengukuran Anda dan bandingkan dengan standar ukuran baju anak yang tersedia.
  6. Selain ukuran panjang dan lebar dada, ada beberapa faktor lain yang perlu diperhatikan saat membelinya

Untuk mengukur lingkar dada, leher, lengan, dan pinggang anak, Kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan alat ukur seperti meteran atau pita ukur.
  2. Pastikan anak berdiri tegak dengan posisi tubuh yang seimbang.
  3. Letakkan ujung alat ukur di tengah-tengah tulang rusuk anak (dada). Kemudian ikat ujung alat ukur di belakang anak, tepat di atas tulang ekor. Baca dan catat hasil pengukuran untuk lingkar dada.
  4. Letakkan ujung alat ukur di atas leher anak, tepat di bawah tulang rusuk. Kemudian ikat ujung alat ukur di sisi kanan anak, tepat di atas tulang ekor. Baca dan catat hasil pengukuran untuk lingkar leher.
  5. Letakkan ujung alat ukur di bagian atas lengan anak, tepat di bawah siku. Kemudian ikat ujung alat ukur di bagian bawah lengan anak, tepat di atas pergelangan tangan. Baca dan catat hasil pengukuran untuk lingkar lengan.
  6. Letakkan ujung alat ukur di tengah-tengah pinggang anak, tepat di bawah tulang rusuk. Kemudian ikat ujung alat ukur di sisi kanan anak, tepat di atas tulang ekor. Baca dan catat hasil pengukuran untuk lingkar pinggang.

Perlu diingat bahwa ukuran lingkar dada, leher, lengan, dan pinggang anak bisa saja berbeda-beda tergantung pada tinggi dan berat badan anak.

Baca juga Artikel : distributor baju serba 35 ribu

Selain ukuran panjang dan lebar dada, ada beberapa faktor lain yang perlu diperhatikan saat memilih atau membuat baju anak, seperti :

Jenis kain Baju Anak

Pastikan untuk memilih jenis kain yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan anak. Misalnya saja ya Gess, kain yang lembut dan tidak mudah luntur untuk baju anak yang masih bayi, atau kain yang tahan lama dan mudah dicuci untuk baju anak yang lebih besar.

Model baju anak

Pilih model baju yang sesuai dengan kesukaan anak Kalian dan sesuai dengan acara yang akan dihadiri. Misalnya, model baju yang lebih formal untuk acara resmi, atau model baju yang lebih santai untuk hari-hari biasa.

Ukuran Baju Anak

Pastikan untuk memilih ukuran baju yang sesuai dengan ukuran tubuh anak. Baju yang terlalu kecil akan terasa sesak dan tidak nyaman digunakan, sedangkan baju yang terlalu besar bisa terlihat kurang rapi dan tidak sesuai dengan ukuran tubuh anak.

Kualitas Baju Anak

Pilih baju yang terbuat dari bahan yang berkualitas dan tidak mudah rusak. Ini akan memastikan baju anak tahan lama dan tidak perlu membeli yang baru terlalu sering.

Harga Baju Anak

Pastikan untuk membandingkan harga baju anak dari berbagai sumber sebelum membeli. Ini akan membantu Kalian menemukan baju yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, Kalian bisa memilih atau membuat baju anak yang sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan anak, serta sesuai dengan ukuran tubuh yang tepat ya Gaesss.

Setelah Kalian memperoleh informasi tentang Ukuran Baju Anak Berdasarkan Umur dan ukuran tubuh yang tepat. Semoga informasi yang telah kami sampaikan dapat membantu Kalian dalam memilih atau membuat baju anak yang sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan anak.

Kunjungi juga : Toko Baju Muslim Terdekat