Perabot Kantor : Macam, Jenis, Contoh dan Manfaatnya

Perabot Kantor Macam Jenis Contoh dan Manfaatnya
Perabot Kantor Macam Jenis Contoh dan Manfaatnya

Perabot Kantor : Macam, Jenis, Contoh dan Manfaatnya dan Penjelasan Secara Terperinci

Perabot Kantor: Macam, Jenis, Contoh dan Manfaatnya – Sebuah kantor harus dilengkapi dengan perabot kantor yang berfungsi untuk mendukung pekerjaan. Perabot ini dapat terbuat dari berbagai bahan seperti besi, kayu, atau material lain yang digunakan untuk keperluan kerja dan administrasi.

Perabot kantor umumnya memiliki daya tahan yang lama dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Contoh sederhana dari perabot kantor meliputi laci, kursi, lemari, meja, dan lain sebagainya.

Selain sebagai alat bantu dalam menjalankan tugas administratif, perabot kantor juga berfungsi dalam mendukung desai tata ruang kantor.

Perabot Kantor Adalah

Perabot Kantor Adalah
Perabot Kantor Adalah

Perabot kantor secara umum dapat diartikan sebagai peralatan yang tahan lama yang terbuat dari bahan seperti kayu, besi, atau bahan lainnya yang digunakan untuk menjalankan pekerjaan dan biasanya memiliki umur yang panjang.

Definisi lainnya adalah jenis perabot yang digunakan untuk kegiatan administrasi dan tata usaha, terbuat dari kayu atau besi, dan memiliki tempat penyimpanan serta diletakkan di suatu tempat.

Pengertian Perabot Kantor

Pengertian terakhir dari perabot adalah fasilitas yang ada di tempat kerja untuk mendukung kegiatan administrasi dan pekerjaan. Perabot ini memiliki sifat yang tidak habis dipakai dan dapat digunakan secara berkelanjutan.Selain itu, perabot biasanya memiliki daya tahan yang tinggi dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Perabot kantor merupakan elemen penting dalam lingkungan kerja yang berfungsi untuk mendukung produktivitas dan kenyamanan para pegawai. Dalam artikel ini, akan dibahas contoh perabot kantor beserta fungsinya.

Fungsi dari Perabot Kantor

Beberapa fungsi atau manfaat perabot kantor antara lain:

  1. Mendukung dan Memudahkan Pekerjaan Kantor: Perabot kantor membantu dalam menyelesaikan pekerjaan kantor dengan lebih efisien dan efektif.
  2. Penyimpanan yang Tertata dan Aman: Perabot kantor, seperti laci dan lemari, digunakan untuk menyimpan barang dan dokumen kantor secara teratur dan aman.
  3. Menjadi Aset Kantor: Perabot kantor juga menjadi aset yang dimiliki oleh kantor dan dapat memberikan nilai tambah.
  4. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman: Dengan memiliki perabot yang nyaman digunakan, karyawan dapat bekerja dengan lebih baik, meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja.

19 Contoh Perabot Kantor & Fungsinya ,Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Contoh Perabot Kantor
Contoh Perabot Kantor

1. Perangkat Komputer

Perangkat komputer, seperti komputer meja, laptop, dan tablet, adalah salah satu perabot kantor yang paling penting. Fungsinya adalah sebagai alat untuk menjalankan berbagai tugas yang terkait dengan pekerjaan. Dengan menggunakan perangkat komputer, pegawai dapat mengakses informasi, mengirim email, membuat laporan, dan menjalankan aplikasi kantor lainnya.

2. Paper Shredder

Paper shredder atau mesin penghancur kertas digunakan untuk menghancurkan dokumen penting yang tidak lagi diperlukan. Fungsi utamanya adalah untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan informasi yang terdapat dalam dokumen tersebut. Dengan menggunakan paper shredder, pegawai dapat memastikan bahwa dokumen-dokumen yang tidak lagi digunakan tidak akan jatuh ke tangan yang salah.

3. Filling Cabinet / Lemari Penyimpanan

Filling cabinet atau lemari arsip adalah tempat penyimpanan dokumen yang terstruktur dan terorganisir. Fungsinya adalah untuk menyimpan dan mengatur dokumen-dokumen penting, seperti surat-surat, kontrak, dan laporan keuangan. Dengan menggunakan filling cabinet, pegawai dapat dengan mudah menemukan dan mengakses dokumen yang dibutuhkan.

4. Mesin Fotokopi

Mesin fotokopi adalah peralatan yang digunakan untuk menggandakan dokumen secara cepat dan efisien. Fungsinya adalah untuk memudahkan pegawai dalam menduplikasi dokumen, baik untuk keperluan internal maupun eksternal. Dengan menggunakan mesin fotokopi, pegawai dapat menghemat waktu dan usaha dalam menghasilkan salinan dokumen.

5. Printer dan Scanner

Printer dan scanner adalah perangkat yang sangat diperlukan dalam lingkungan kantor. Printer digunakan untuk mencetak dokumen, baik dalam bentuk tulisan maupun gambar, sedangkan scanner digunakan untuk mengubah dokumen fisik menjadi file digital. Fungsinya adalah untuk memfasilitasi berbagi informasi dan mengarsipkan dokumen dengan lebih efisien.

6. Lemari Kantor

Lemari kantor digunakan untuk menyimpan berbagai peralatan dan bahan kantor, seperti alat tulis, kertas, dan buku-buku. Fungsinya adalah untuk menjaga kebersihan dan kerapihan ruangan kantor. Dengan menggunakan lemari kantor, pegawai dapat dengan mudah menemukan dan menyimpan berbagai barang yang diperlukan dalam pekerjaan sehari-hari.

7. Rotary Filing

Rotary filing adalah sistem penyimpanan berputar yang terdiri dari beberapa laci atau ruang untuk menyimpan berkas-berkas penting. Fungsinya adalah untuk mengatur dan menyimpan dokumen-dokumen secara sistematis. Dengan menggunakan rotary filing, pegawai dapat dengan mudah menemukan dan mengambil dokumen yang dibutuhkan tanpa harus mencari di berbagai tempat.

8. Modem Koneksi Internet

Modem Koneksi internet merupakan infrastruktur yang sangat penting dalam lingkungan kantor modern. Fungsinya adalah untuk memungkinkan akses cepat dan lancar ke berbagai informasi dan sumber daya online. Dengan adanya koneksi internet yang stabil, pegawai dapat melakukan riset, berkomunikasi dengan rekan kerja, dan mengakses aplikasi berbasis web dengan lebih efisien.

9. LCD Proyektor

LCD proyektor digunakan untuk memproyeksikan gambar atau presentasi dari komputer ke layar atau dinding. Fungsinya adalah untuk memfasilitasi presentasi dan pertemuan di kantor. Dengan menggunakan LCD proyektor, pegawai dapat membagikan informasi dengan lebih jelas dan memudahkan pemahaman oleh para peserta.

10. Mesin Absensi

Mesin absensi adalah perangkat yang digunakan untuk mencatat kehadiran pegawai. Fungsinya adalah untuk mengelola dan merekam data kehadiran pegawai secara akurat dan efisien. Dengan menggunakan mesin absensi, perusahaan dapat memantau kehadiran pegawai dan menghasilkan laporan kehadiran dengan mudah.

11. Microfon

Microfon adalah perangkat audio yang digunakan untuk memperkuat suara ketika berbicara di depan banyak orang. Fungsinya adalah untuk memastikan suara pembicara dapat terdengar dengan jelas oleh semua peserta. Dengan menggunakan microfon, pertemuan atau presentasi di kantor dapat berlangsung dengan lancar dan efektif.

12. Kursi Kerja Pegawai

Kursi kerja pegawai merupakan salah satu perabot kantor yang paling sering digunakan. Fungsinya adalah untuk memberikan kenyamanan saat pegawai bekerja dalam waktu yang lama. Dengan menggunakan kursi kerja yang ergonomis, pegawai dapat menghindari masalah kesehatan seperti nyeri punggung dan leher.

13. Lemari Arsip

Lemari arsip atau filing cabinet digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen penting yang tidak sering digunakan. Fungsinya adalah untuk mengorganisir dan melindungi dokumen-dokumen tersebut agar tetap aman dan mudah diakses. Dengan menggunakan lemari arsip, pegawai dapat menjaga kebersihan dan keamanan dokumen-dokumen yang tidak terpakai saat ini.

14. Meja Staff

Meja staff adalah meja kerja yang digunakan oleh pegawai kantor biasa. Fungsinya adalah sebagai tempat untuk menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari, seperti menulis, membaca, dan menggunakan komputer. Dengan menggunakan meja staff yang fungsional dan terorganisir, pegawai dapat bekerja dengan lebih efisien dan produktif.

15. Meja Resepsionis

Meja resepsionis adalah meja yang biasanya terletak di area penerimaan atau ruang tunggu. Fungsinya adalah untuk menerima tamu, menjawab telepon, dan memberikan informasi kepada pengunjung. Dengan menggunakan meja resepsionis yang rapi dan teratur, pegawai dapat memberikan pelayanan yang baik kepada tamu dan mengelola informasi dengan efisien.

16. Meja Direksi

Meja direksi adalah meja kerja yang digunakan oleh pimpinan atau direktur perusahaan. Fungsinya adalah sebagai pusat komando dan tempat pengambilan keputusan penting. Dengan menggunakan meja direksi yang representatif dan nyaman, pimpinan dapat bekerja dengan fokus dan mengatur strategi perusahaan dengan baik.

17. Meja Rapat

Meja rapat adalah meja yang digunakan dalam pertemuan atau rapat di kantor. Fungsinya adalah sebagai tempat untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan membuat keputusan. Dengan menggunakan meja rapat yang cukup besar dan terorganisir, semua peserta rapat dapat duduk dengan nyaman dan terlibat dalam diskusi secara efektif.

18. Kursi Direktur

Kursi direktur adalah kursi yang digunakan oleh pimpinan atau direktur perusahaan. Fungsinya adalah untuk memberikan kenyamanan dan wibawa bagi pimpinan saat bekerja. Dengan menggunakan kursi direktur yang ergonomis dan elegan, pimpinan dapat memimpin dengan percaya diri dan merasa nyaman selama berjam-jam.

19. Kursi Tunggu

Kursi tunggu digunakan untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung atau tamu yang menunggu di area penerimaan atau ruang tunggu. Fungsinya adalah untuk memberikan tempat duduk yang nyaman dan mengakomodasi kebutuhan pengunjung. Dengan menggunakan kursi tunggu yang ergonomis dan estetis, perusahaan dapat menciptakan suasana yang ramah bagi tamu.

Demikianlah beberapa contoh perabot kantor beserta fungsinya. Dalam mendesain ruang kerja yang efisien dan nyaman, penting untuk mempertimbangkan perabot kantor yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas sehari-hari. Dengan menggunakan perabot kantor yang tepat, diharapkan produktivitas dan kenyamanan para pegawai dapat terjaga dengan baik.

Kriteria Pemilihan Perabot Kantor

Ketika Anda bertanggung jawab untuk membeli perabot kantor untuk tempat kerja Anda, ada beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan, antara lain:

1. Fleksibilitas Tinggi

Pilihlah perabot yang memiliki fleksibilitas tinggi, sehingga dapat dengan mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Perabot yang mudah dipindahkan akan membantu dalam penataan ruang kantor dan meningkatkan kenyamanan kerja.

2. Kemudahan Penggunaan

Kriteria penting lainnya adalah perabot yang mudah digunakan. Hal ini memungkinkan seluruh karyawan dapat mengoperasikan perabot tersebut dengan mudah. Pengoperasian yang mudah akan membantu menyelesaikan tugas dengan lebih cepat.

3. Harga Terjangkau

Tidak semua perabot kantor harus mahal. Pertimbangkan aspek lain seperti kualitas, fleksibilitas, dan sesuaikan dengan tampilan ruangan kantor. Perhatikan juga fungsi perabot sebelum membelinya, apakah benar-benar dibutuhkan di tempat kerja Anda.

4. Kenyamanan

Pastikan perabot terbuat dari bahan yang nyaman digunakan. Hal ini akan menciptakan suasana kerja yang menyenangkan dan membantu karyawan dalam memberikan hasil kerja terbaik.

5. Multifungsi

Lebih baik memilih perabot yang memiliki beberapa fungsi. Misalnya, meja yang dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan di dalam laci. Dengan menggunakan perabot yang multifungsi, Anda juga dapat menghemat ruang kantor agar tidak terlalu sempit.

6. Menghemat Ruang Lantai

Selain pertimbangan di atas, pastikan ukuran perabot tidak terlalu besar untuk ruangan. Hal ini akan memastikan perabot dapat ditempatkan dengan sesuai kebutuhan. Sebelum melakukan pembelian, ukur luas ruangan terlebih dahulu, terutama untuk perabot dengan ukuran yang besar.

7. Kesesuaian Tinggi Meja dan Kursi

Saat membeli kursi dan meja, pastikan ketinggian meja sesuai dengan kursi. Hal ini akan mencegah ketidaknyamanan saat digunakan jika ketinggiannya tidak pas. Pilihlah kursi dengan pengaturan tinggi dan mudah dipindahkan.

8. Tahan Lama

Pilihlah perabot yang tahan lama, misalnya yang terbuat dari aluminium. Kayu memang memiliki keindahan estetika, tetapi rentan terhadap serangan rayap dan jamur. Selain memiliki daya tahan yang baik, perabot dari aluminium juga lebih mudah dibersihkan dibandingkan dengan kayu.

Perbedaan Peralatan Kantor dan Perabot Kantor

Perabot kantor merujuk pada benda-benda yang mendukung pelaksanaan pekerjaan. Biasanya, perabot ini terkait dengan benda atau barang yang digunakan untuk menyimpan hasil kerja, seperti rak, laci, lemari, dan sebagainya.

Sementara itu, peralatan kantor mencakup semua barang yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, baik yang digerakkan oleh mesin maupun tidak. Contohnya adalah kertas, amplop, dan sejenisnya.

Jika dijabarkan, perabot kantor dan peralatan kantor dapat dibedakan menjadi:

Barang yang Habis Pakai: Barang-barang kantor yang hanya dapat digunakan sekali atau tidak tahan lama, seperti kertas, amplop, tinta, karbon, dan klip kertas.

Barang yang Tidak Habis Pakai: Barang-barang kantor yang dapat digunakan berulang kali atau tahan lama, seperti penggaris, stapler, gunting, dan sebagainya.

Macam Macam Perabot Kantor

macam macam perabot kantor
macam macam perabot kantor

Perabotan kantor tidak hanya terbatas pada meja, laci, dan sejenisnya. Ada beberapa peralatan pendukung lain yang dapat digolongkan sebagai perabot kantor, seperti printer, mesin pemindai dokumen, dan peralatan kantor lainnya.

Jenis Jenis Perabotan kantor ini dapat dikelompokkan menjadi beberapa diantaranya adalah :

1. Office Supplies

Perabot ini dapat habis digunakan dan umumnya terkait dengan alat tulis seperti buku, tinta spidol, tinta printer, dan lem.

2. Office Appliances

Perabot ini biasanya berupa mesin dan digunakan untuk kegiatan administrasi, seperti kalender, penggaris, pena, dan pensil.

3. Office Machine

Perabot ini digerakkan oleh mesin, baik secara manual maupun otomatis. Biasanya digunakan untuk mengubah benda menjadi bentuk lain, contohnya adalah mesin fotokopi, komputer, laptop, kalkulator, dan sejenisnya.

4. Office Furniture

Perabot ini terbuat dari kayu atau logam dan digunakan dalam jangka waktu yang lama, misalnya meja, kursi, lemari, laci, dan sebagainya.

Untuk itu, penting bagi sebuah kantor untuk memilih perabot kantor yang sesuai dengan kebutuhan, kualitas yang baik, dan dapat memberikan kenyamanan kepada karyawan.

Perabot kantor memiliki peran yang penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan efisien. Dari berbagai macam dan jenis perabot kantor yang tersedia, kita dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya kerja kita.

Contoh-contoh perabot kantor seperti Perangkat Komputer,  Filling Cabinet, Mesin Fotokopi, Printer dan Scanner, Lemari Kantor, Rotary Filing, Kursi Kerja Pegawai dapat membantu meningkatkan produktivitas dan organisasi di tempat kerja. Dengan menggunakan perabot kantor yang tepat, kita dapat menciptakan ruang kerja yang menyenangkan, fungsional, dan memadai.

Dengan demikian, manfaat yang diperoleh dari perabot kantor yang baik akan mendukung efisiensi dan kenyamanan dalam menjalankan tugas sehari-hari.¬†Semoga dengan membaca artikel “Perabot Kantor : Macam, Jenis, Contoh dan Manfaatnya” Kalian lebih paham tentang perabot kantor ya Gaesss.

Baca Juga Yang Terkait Dengan Perabot :